Pengertian Komunikasi
Komunikasi berasal dari bahasa inggris yang memiliki asal
usul kata dari bahasa latin yaitu communis artinya milik bersama atau membagi
yang merupakan sebuah proses untuk membangun kebersamaan dan pengertian.
Kemudian secara terminologi, komunikasi adalah proses penyampaian suatu
pernyataan oleh satu pihak kepada pihak yang lainnya atau banyak pihak supaya
bisa terhubung dengan lingkungan yang ada disekitarnya.
Pengertian Komunikasi menurut ahli
- Pengertian komunikasi menurut William J. Seller adalah suatu proses dimana simbol nonverbal dan verbal dikirimkan, diterima dan diberi makna
- Pengertian komunikasi menurut Carl I. Hovland adalah sebuah proses yang mungkin seseorang dapat menyampaikan rangsangan atau dengan lambang verbal yang bertujuan untuk mengubah pola tingkah laku orang lain.
- Pengertian komunikasi menurut Deddy Mulyana terdiri atas tiga konseptual yaitu komunikasi sebagai interaksi, komunikasi sebagai interaksi dan komunikasi sebagai tindakan satu arah.
Jenis-jenis Komunikasi
Komunikasi berdasarkan Penyampaian
Berdasarkan cara penyampaian informasi dapat dibedakan
menjadi 2 ( dua ), yaitu :
- Komunikasi verbal ( Lisan )Yang terjadi secara langsung serta tidak
dibatasi oleh jarak , dimana kedua belah pihak dapat bertatap muka. Contohnya
dialog dua orang.
Yang terjadi secara tidak langsung akibat dibatasi oleh jarak. contohnya komunikasi lewat telepon. - Komunikasi nonverbal ( Tertulis )Naskah , yang biasanya digunakan untuk
menyampaikan kabar yang bersifat kompleks.
Gambar dan foto akibat tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata atau kalimat.
Komunikasi berdasarkan Prilaku
Komunikasi bedasarkan prilaku dapat dibedakan menjadi :
- Komunikasi Formal , yaitu komunikasi yang terjadi diantara organisasi atau perusahaan yang tata caranya sudah diatur dalam struktur organisasinya. Contohnya seminar.
- Komunikasi Informal , yaitu komunikasi yang terjadi pada sebuah organisasi atau perusahaan yang tidak ditentukan dalam struktur organisasi serta tidak mendapat kesaksian resmi yang mungkin tidak berpengaruh kepada kepentingan organisasi atau perusahaan. Contohnya kabar burung , desas-desus, dan sebagainya.
- Komunikasi Nonformal , yaitu komunikasi yang terjadi antara komunikasi yang bersifat formal dan informal , yaitu komunikasi yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas pekerjaan organisasi atau perusahaan dengan kegiatan yang bersifat pribadi anggota organisasi atau perusahaan tersebut. Contohnya rapat mengenai ulang tahun perusahaan.
Komunikasi berdasarkan Kelangsungannya
Berdasarkan Kelangsungannya , komunikasi dapat dibedakan
menjadi :
- Komunikasi Langsung , yaitu proses komunikasi dilakukan secara langsung tanpa bantuan perantara orang ketiga ataupun media komunikasi yang ada dan tidak dibatasi oleh adanya jarak.
- Komunikas Tidak Langsung , yaitu proses komunikasinya dilaksanakan dengan bantuan pihak ketiga atau bantuan alat - alat media komunikasi.
Komunikasi Berdasarkan Maksud Komunikasi
Berdasarkan maksud komunikasi dapat dibedakan sebagai
berikut :
- · Berpidato
- · Memberi Ceramah
- · Wawancara
- · Memberi Perintah alias Tugas
Komunikasi Berdasarkan Ruang Lingkup
Berdasarkan Ruang Lingkupnya , komunikasi dapat dibedakan
sebagai berikut :
- Komunikasi InternalKomunikasi internal dapat dibedakan menjadi 3 ( tiga ) macam , yaitu :
·
Komunikasi vertikal yang terjadi di dalam bentuk
komunikasi dari pemimpin kepada anggota , seperti perintah , teguran , pujian ,
dan sebagainya.
·
Komunikasi horizontal yang terjadi di dalam
ruang lingkup organisasi atau perusahaan diantara orang - orang yang memiliki
kedudukan sejajar .
·
Komunikasi diagonal yang terjadi di dalam ruang
lingkup organisasi atau perusahaan diantara orang - orang yang memiliki
kedudukan berbeda pada posisi tidak sejalur vertikal.
- Komunikasi EksternalKomunikasi yang terjadi antara organisasi atau perusahaan dengan pihak
masyarakat yang ada diluar organisasi atau perusahaan tersebut. Komunikasi
eksternal dimaksudkan untuk memperoleh pengertian , kepercayaan , bantuan dan
kerjasama dengan masyarakat.
Komunikasi dengan pihak luar bisa berbentuk : Eksposisi , pameran , promosi, dan sebagainya.
Komunikasi Bedasarkan Jumlah Yang Berkomunikasi
Komunikasi berdasarkan Jumlah yang berkomunikasi , dapat
dibedakan menjadi :
- Komunikasi Perseorangan , yaitu komunikasi yang terjadi dengan cara perseorangan atau individu antara pribadi dengan pribadi mengenai persoalan yang bersifat pribadi juga.
- Komunikasi Kelompok , yaitu komunikasi yang terjadi pada kelompok mengenai persoalan - persoalan yang menyangkut kepentingan kelompok. Perbedaanya dengan komunikasi perseorangan yaitu komunikasi ini lebih terbuka dibandingkan dengan komunikasi perseorangan.
Komunikasi Berdasarkan Peranan Individu
Dalam komunikasi ini , peranan individu sangat mempengaruhi
kesuksesan proses komunikasinya. Berikut beberapa macam komunikasi berdasarkan
peranan individu, diantaranya :
- Komunikasi antar individu dengan individu yang lain. Komunikasi ini terjadi secara nonformal maupun informal , individu bertindak sebagai komunikator mampu mempengaruhi individu yang lain.
- Komunikasi antar individu dengan lingkungan yang lebih luas. Komunikasi ini terjadi karena individu yang dimaksud memiliki kemampuan yang tinggi untuk mengadakan hubungan dengan lingkungan yang lebih luas.
- Komunikasi antar individu dengan dua kelompok atau lebih. Pada komunikasi ini individu berperan sebagai perantara antara dua kelompok atau lebih, sehingga dituntut kemampuan yang prima untuk menjadi penyelaras yang harmonis.
Komunikasi Berdasarkan Jaringan Kerja
Didalam suatu
organisasi atau perusahaan , komunikasi akan terlaksana berdasarkan sistem
yang ditetapkan dalam jaringan kerja. Komunikasi berdasarkan jaringan kerja ini dapat dibedakan
menjadi :
- Komunikasi jaringan kerja rantai , yaitu komunikasi terjadi menurut saluran hirarki organisasi dengan jaringan komando sehingga mengikuti pola komunikasi formal.
- Komunikasi jaringan kerja lingkaran , yaitu komunikasi terjadi melalui saluran komunikasi yang berbentuk seperti pola lingkaran.
- Komunikasi jaringan bintang , yaitu komunikasi terjadi melalui satu sentral dan saluran yang dilewati lebih pendek.
Komunikasi Berdasarkan Ajaran Informasi
Komunikasi berdasarkan Ajaran Informasi dapat dibedakan
menjadi :
- · Komunikasi satu arah , yaitu komunikasi yang berjalan satu pihak saja (one way Communication).
- · Komunikasi dua arah , yaitu komunikasi yang bersifat timbal balik (two ways communication).
- · Komunikasi ke atas , yaitu komunikasi yang terjadi dari bawahan terhadap atasan.
- · Komunikasi ke bawah , yaitu komunikasi yang terjadi dari atasan terhadap bawahan.
- · Komunikasi kesamping , yaitu komunikasi yang terjadi diantara orang yang mempunyai kedudukan sejajar.
Komunikasi Efektif
Komunikasi efektif adalah komunikasi yang bertujuan agar
komunikan dapat memahami pesan yang disampaikan oleh komunikator dan komunikan
memberikan umpan balik yang sesuai dengan pesan.
Agar komunikasi efektif terjadi terdapat 2 hal yang perlu
diperhatikan, yaitu:
- · Keselarasan elemen-elemen komunikasi dengan pesan. Elemen-elemen komunikasi harus mendukung isi pesan.Elemen-elemen komunikasi tersebut adalah komunikator, encoding, saluran, decoding, dan komunikannya. Komunikasi akan efektif jika terdapat keselarasan isi pesan dengan elemen-elemen lain dari proses komunikasi.
- Minimalisasi hambatan komunikasi.
Komunikasi akan efektif jika hambatan berhasil diminimalkan. Hambatan komunikasi dapat terjadi pada tiap elemen komunikasi termasuk pada situasi komunikasi
Implikasi Manajerial
Dalam kamus besar bahasa Indonesia implikasi mempunya arti
yaitu akibat.kata implikasi sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek salah satu
aspek yang akan saya bahas kali ini implikasi manajerial. Dalam manajemen sendiri
terdapat 2 implikasi yaitu :
- · Implikasi prosedural meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja dan formulasi kebijakan
- · Implikasi kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan.
Jadi implikasi manajerial memiliki arti Proses Pengambilan
Keputusan Partisipatif Dalam Organisasi manajerial yang baik.
Source :
http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/edukasi/505-komunikasi-efektif-empatik-dan-persuasif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar