Minggu, 29 Januari 2017

Internet of Things & Industri Game


Apa itu Internet of Things ?


Internet of Things (IoT) adalah suatu konsep dimana user dapat menggunakan berbagai perangkat yang saling terhubung dengan suatu jaringan internet. IoT memnugkinkan berbagai objek fisik dikelola dan dikendalikan dari jarak jauh melalui insfrastruktur jaringan yang tersedia. IoT dirancang untuk menjadi sebuah antarmuka untuk komunikasi untuk mengirim data dari perangkat ke perangkat lain tanpa memerlukan masukan dari pengguna.

Tantangan utama dalam IoT adalah menjembatani antara dunia “fisik” dengan dunia “informasi”. Seperti bagaimana mengolah suatu data yang diperoleh dari suatu device dan mengkonversikannya ke dalam format yang mudah dimengerti sehingga mudah di terima perangkat lain.


Internet of Things dan Industri Game



Munculnya IoT menyebabkan dunia terhubung dengan lebih banyak gadget dan perangkat di jaringan bersama-sama. Perangkat ini akan saling berkomunikasi dan berbagi data. Koneksi dan data yang di bagikan bisa di gunakan untuk banyak aplikasi, termasuk game.
Game telah berulang kali menjadi area bagi berbagai teknologi baru. Karena itu banyak korporasi yang saling bersaing untuk menjadi yang terdepan dalam hal inovasi untuk merintis revolusi game melalui IoT.


Bagaimana IoT memberikan dampak pada Industri Game ?


IoT dapat merevolusi game dengan cara :
  1. Menjembatani celah antara Platform dan Player
    IoT telah memicu inovasi teknologi dalam game dan telah mengubah cara yang digunakan untuk bermain. Sekarang permainan yang lebih interaktif, menggunakan kecerdasan buatan dan dengan sensor dan game fisik membawa pengalaman bermain ke tingkat berikutnya.
  2. Integrasi Platform Online
    Memperluas bidang game online untuk berbagai perangkat yang digunakan dan perangkat dengan internet lainnya dapat memberikan operator game kesempatan untuk mempertahankan agar pemain tetap online. Kemudian operator dapat mendapatkan keuntungan jika pemain hadir secara online.

Contoh Perkembangan IoT dalam Industri Game


IoT memberikan banyak perubahan dalam Industri Game, diantaranya adalah :

  1. Virtual Reality (VR) Gaming

    Dengan VR dapat mengalami secara langsung pengalaman berada dalam area 3 dimensi dan berinteraksi secara langsung selama bermain game. Dengan menggunakan berbagai sensor, player dapat bermain game seolah-olah ia berada di dalam game tersebut.

  2. Motion Gaming



    Motion gaming adalah sistem game yang memungkinkan player dapat berinteraksi dengan sistem dengan gerakan tubuh. Dengan adanya berbagai motion sensor membuat game lebih menyenangkan untuk dimainkan. Dengan motion gaming setiap gerakan yang dibuat player karakter di dalam game melakukan gerakan yang sama.

IoT game tidak hanya bisa digunakan sebagai hiburan yang menyenangkan tetapi dapat dikembangkan lebih lanjut untuk bertindak sebagai antarmuka antara manusia dan teknologi tingkat tinggi yang akan muncul dalam waktu dekat. Untuk keberhasilan pengembangan sebuah IoT game berbagai teknologi harus dipelajari secara menyeluruh. Game harus mampu secara lancar menghubungkan player dan sistem game. 

Source :

igniteoutsourcing.com/publications/internet-of-things-mobile-gaming/

iotworm.com/internet-of-things-changes-gaming-industry/

Choudhary, Deendayal. Et al. 2015. Internet Of Things-Changing The Game. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH VOLUME 4, ISSUE 12.

Apri Junaidi. 2015. INTERNET OF THINGS, SEJARAH, TEKNOLOGI
DAN PENERAPANNYA : REVIEW. https://www.researchgate.net/publication/282855443. 28 Januari 2017.


15 komentar: