Sabtu, 12 November 2016

Tren Inovasi Masa Depan "Brain Computer Interface"



Perkembangan teknologi yang begitu pesat terus menerus terjadi setiap saat. Meski semuannya diawali dengan sesuatu yang hampir bisa dibilang ‘tidak masuk akal’ tapi seiring dengan perkembangan zaman semuannya bisa jadi kenyataan. Salah satu inovasi yang mulai muncul pada saat ini adalah BCI.

BCI atau Brain Computer Interface adalah suatu cara yang digunakan untuk berinsteraksi dengan komputer atau alat elektronik lainnya hanya dengan pikiran. Bayangkan saja dengan BCI kita dapat melakukan kontrol pada komputer tanpa melakukan gerakan apapun.



BCI dimulai dari penemuan inovasi ‘Electroencephalogram (EEG)’ oleh Hans Berger yang menyatakan bahwa adanya aktivitas listrik dari interaksi neutron di dalam otak. Pada tahun 1998, Philip Kennedy menandai perkembangan yang signifikan pada bidang pemetaan otak. Kemudian John Donoghue dan timnya dari Brown University researchers membentuk sebuah perusahaan, Cyberkinetics pada tahun 2001.

Cara kerja hardware BCI salah satunya adalah buatan NeuroSky adalah sebagai berikut, pertama-tama alat tersebut akan diletakkan di titik-titik tertentu di kepala untuk mengukur adanya potensial listrik. Kemudian potensial listrik tersebut dialirkan untuk selanjutnya di filter dari gangguan yang mungkin terjadi. Setelah di filter potensial listrik tersebut akan di analisa dan menghasilkan sinyal frekuensi. Akhirnya sinyal frekuensi terseut akan di kirimkan ke komputer dan kemudian akan digunakan untuk menjalankan perintah didalam komputer.


Saat ini BCI masih belum banyak digunakan untuk umum. Tapi sudah banyak perusahaan yang melakukan penelitian dan pengembangan inovasi CBI ini. Dan mungkin tidak lama lagi kita bisa merasakan kemudahan yang melakukan banyak hal hanya dengan menggunakan pikiran. Dan tidak diragukan lagi diasa depan nanti mungkin segala sesuatu sudah menjadi lebih mudah karena kita dapat melakukan apapun tanpa melakukan banyak gerakan.

Source :
http://www.brainvision.co.uk/blog/2014/04/the-brief-history-of-brain-computer-interfaces/
Nitish Kumar. 2008.  Seminar Report Brain Computer Interface. Cochin University Of Science & Technology.
Nauval Hafiluddin. 30 September 2013. BRAIN COMPUTING: PENGGUNAAN GELOMBANG OTAK DALAM TEKNOLOGI KOMPUTASI. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara 




12 komentar:

  1. Makasih info2 dari artikelnyaa. Keep writing yaa!!

    BalasHapus
  2. makasih artikelnya, terus menulis untuk inovasi

    BalasHapus
  3. Bagus sekali informasinya. Thanks a lot

    BalasHapus
  4. Informasi yang menarik dan sangat berguna!

    BalasHapus
  5. Wahh keren yaa teknologi masa depan, artikelnya bagus dan bermanfaat yaaa

    BalasHapus
  6. nice Artikel, ditunggu artikel hebat berikutnya :)

    BalasHapus
  7. Wah, keren ya! Semoga bisa terwujud :)

    BalasHapus
  8. Sama kayak psycho pass ga bang hahahah

    BalasHapus
  9. Nais info Haqqi ^_^ semoga Haqqi bisa ikut berkontribusi memberi inovasi di masa depan yaa

    BCI pasti bermanfaat banget, misal buat membantu orang yang lumpuh tubuh buat menyampaikan pesan. Semoga kelak BCI bisa diakses dengan mudah oleh semua orang

    BalasHapus