Jumat, 07 Oktober 2016

Studi Literatur Sistem Informasi & Teknologi Informasi





Pengertian Sistem Informasi dan Teknologi Informasi


Pengertian Sistem Informasi

Sistem Informasi terdiri dari 2 kata yaitu “Sistem” dan “Informasi”. Sistem berarti sekumpulan elemen yang saling berkaitan & saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan. Dan Informasi yang berarti data yang telah diproses sehingga berguna untuk user (pengguna). Jadi secara istilah Sistem Informasi adalah suatu kumpulan elemen seperti software, hardware, dll untuk menangkap, mengirimkan, menyimpan, mengambil, memanipulasi, atau menampilkan informasi, sehingga mendukung orang, organisasi, atau sistem perangkat lunak lain dalam mencapai tujuannya.

Sistem Informasi bukan hanya sekedar membahas tentang komputer, tetapi ini tentang bagaimana bisnis dapat dijalankan dengan penggunaan terbaik dari teknologi komputer untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan . Setiap organisasi memiliki tujuan dan kebutuhan yang berbeda, dan keberhasilan pelaksanaan Sistem Informasi dibutuhkan untuk pemahaman tentang isu-isu bisnis yang terlibat, serta teknologi berbeda yang tersedia.

Pengertian Teknologi Informasi
TI (Teknologi Informasi) meliputi semua teknologi yang kita gunakan untuk mengumpulkan, memproses, melindungi dan menyimpan informasi. Hal ini mengacu pada hardware, software (program komputer), dan jaringan komputer.

Teknologi Informasi (TI) menggambarkan komputasi organisasi dan hardware telekomunikasi dan perangkat lunak teknologi yang menyediakan sarana penanganan otomatis  dan mengkomunikasikan informasi.

Dari definisi di atas, ada 2 kemungkinan TI dapat digambarkan :

  1. Komputer (perangkat elektronik yang dapat memproses dan menyimpan informasi) &     telekomunikasi (transmisi informasi antara perangkat di berbagai lokasi).
  2. Hardware (peralatan fisik) & software (instruksi)

Perbedaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi


Sistem Informasi


Sistem Informasi bersangkutan dengan informasi bahwa sistem komputer bisa memberikan bantuan untuk perusahaan, non-profit, atau organisasi pemerintah dalam mendefinisikan dan mencapai tujuannya. Hal ini juga berkaitan dengan proses yang dapat perusahaan tenerapkan dan tingkatkan menggunakan teknologi informasi. 

Sistem Informasi profesional harus memahami faktor-faktor baik teknis dan organisasi, dan harus dapat membantu organisasi menentukan bagaimana informasi dan proses bisnis berbasis teknologi dapat memberikan dasar untuk kinerja organisasi yang unggul. Mereka bekerja sebagai jembatan antara Komunitas teknis dan manajemen dalam suatu organisasi. Semua tingkat Sistem Informasi menggabungkan bisnis dan komputasi, tetapi penekanan antara masalah teknis dan organisasi bervariasi antara program.

Pekerjaan di bidang ini meliputi
• Project Managers
• Chief Information Officers (CIO)
• Technical Writers
• System Analysts
• Data Communication Analysts

Teknologi Informasi


Teknologi Informasi (TI) adalah label yang memiliki dua makna. Dalam penggunaan umum, istilah "Teknologi Informasi" sering digunakan untuk merujuk kepada semua komputasi. TI profesional memiliki kombinasi pengetahuan yang tepat dan praktis, keahlian untuk mengurus kedua infrastruktur teknologi informasi organisasi dan orang-orang yang menggunakannya.

Mereka bertanggung jawab untuk memilih produk hardware dan software yang sesuai untuk sebuah organisasi. Mereka mengintegrasikan produk-produk dengan kebutuhan dan infrastruktur organisasi, dan menginstal, menyesuaikan dan memelihara aplikasi tersebut, sehingga memberikan lingkungan yang aman dan efektif yang mendukung kegiatan pengguna komputer organisasi. Di TI, pemrograman sering melibatkan menulis program pendek yang biasanya menghubungkan komponen yang ada (scripting). 

Pekerjaan di bidang ini meliputi
• Network Administrator
• Information Technology Manager
• Computer Support Specialist
• Data Security Administrator
• Computer Technician     

Sejarah Perkembangan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi


Perkembangan Sistem Informasi

Manusia mulai mempertukarkan informasi sejak dahulu kala, sekitar 3000 tahun sebelum masehi atau jika dihitung sudah lebih dari 5000 tahun yang lalu.

Periode pertama: Pra Mekanik
Pada periode ini, komunikasi menggunakan simbol untuk menyampaikan informasi. Pada tahun 3000-2000 sebelum masehi, manusia menggunakan gambar juga untuk menyampaikan pesan.

Periode kedua: Mekanik
Masa ini termasuk dalam masa abad pertengahan. Dimana orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah dan merekam informasi. Salah satu penemuan terpenting dalam masa ini adalah mesin cetak Gutenburg dari Jerman. Penyampaian informasi menjadi lebih mudah dikarenakan mesin cetak dapat memproduksi tulisan yang sama dalam jumlah besar. Pada tahun 1600, komputer atau mesin hitung pertama kali diciptakan oleh Blaise Pascal.

Periode ketiga: Elektromekanik
Pada masa ini, penggunaan listrik untuk memberikan energi untuk menjalankan penemuan mesin sesudah Pascaline terus ditemukan. Pada periode ini pula diciptakan telepon dan kode Morse untuk digunakan dalam komunikasi jarak jauh secara langsung. Kemudian diperkenalkan komputer pertama yang digunakan untuk menyimpan program dan data pada awal 1948.

Periode keempat: Elektronik
Jean Hoerni mengembangkan transistor planar pada tahun 1957. Pada tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) yang mana ini adalah cikal bakal dari Internet. Pada tahun 1962 Peneliti dari MIT yang bernama Licklider memperluas ARPANET ke jaringan komputer di seluruh dunia untuk interaksi sosial. Pada tahun 1968, Andrew Grove, Gordon Moore dan Robert Noyce telah menciptakan mikrochip pertama kalinya.


Perkembangan Teknologi Informasi

Masa Prasejarah Masa Pra-Sejarah (...s/d 3000 SM) 
Pada awalnya Teknologi Informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka kenal, mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya.

Masa Sejarah
Pada masa ini Teknologi Informasi belum menjadi teknologi masal seperti yang kita kenal sekarang ini, teknologi informasi masih digunakan oleh kalangan-kalangan terbatas saja, digunakan pada saat-saat khusus, dan mahal.

3000 SM
Untuk yang pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf.

500 SM
Serat Papyrus digunakan sebagai kertasKertas yang terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil ini menjadi media menulis/media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media informasi.

105 M
Bangsa Cina menemukan KertasKertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang, kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,dicuci kemudian diratakan dan dikeringkan.

Masa Modern (1400 M s/d sekarang)
Tahun 1455 Mesin Cetak yang menggunakan plat huruf yang tebuat dari besi yang bisa diganti-ganti dalam bingkai yang tebuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya oleh Johann Gutenberg.

Tahun 1830 Augusta Lady Byron Menulis program komputer yang pertama didunia berkerjasama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya.

Tahun 1837 Samuel Morse mengembangkan Telegraph dan bahasa kode Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara 2 tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut.

Tahun 1861 gambar bergerak yang peroyeksikan kedalam sebuah layar pertama kali di gunakan.

Tahun 1899 Dipergunakan sistem penyimpanan dalam Tape (pita) Magnetis yang pertama.

Tahun 1946 Komputer digital pertama di dunia ENIAC I dikembangkan.

Tahun 1972 Ray Tomlinson menciptakan program e-mail yang pertama.

Tahun 1973 – 1990 Istilah INTERNET diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP.

Tahun 1991- sekarang Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya.


Source : 

Mike G. Eccles, Jane M. Nash, et al. 2003 Discovering Information System.
Dr Richard Boateng, ICITD, Definitional Concepts of Information Technology. 2009 , Southern University and University of Ghana Business School.
Differences between IS, CS, and IT, https://www.fairmontstate.edu/files/u205/files/IS_CS_IT.pdf
Aida Sundusiyah, 2012, PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI
Perkembangan Sistem Informasi, https://www.academia.edu/9070469/Perkembangan_Sistem_Informasi



20 komentar:

  1. infonya bagus gan... anime termasuk perkembangan SI apa TI ya gan wkwk

    BalasHapus
  2. Wih Terima kasih :) Makin paham TI dan SI Thx infonya

    jangan lupa mampir ke http://otatik.blogspot.com

    BalasHapus
  3. interesting article, thanks haqqi

    BalasHapus
  4. Nice article dan sangat bermanfaat👍🏻

    BalasHapus
  5. Wihhhhh thanks infonya, sangat bermanfaat :)

    Btw jangan lupa mampir ke http://deaclaodya.blogspot.com

    BalasHapus
  6. bagus banget artikelnya, thanks bro

    BalasHapus
  7. mantap gan infonyaaa

    BalasHapus
  8. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat (y)

    BalasHapus
  9. Nice info bang... Keep your good work!

    BalasHapus
  10. Terimakasih untuk artikelnya. Sangat membantu dan bermanfaat dalam menambah pengetahuan, sehingga yang ingin melanjutkan kuliah, tidak bingung lagi menentukan jurusan pilihan :)

    BalasHapus
  11. Artikel yang lengkap dan mudah dimengerti nih.. thanks ya :D

    BalasHapus
  12. Terimakasih infonya, sangat membantu bro

    BalasHapus
  13. syukron untuk blognya gan manfaat bgt nih moga2 barokah aamiin.

    BalasHapus