Microsoft Excel adalah program pengolah angka yang digunakan untuk mengolah data terutama data angka. Ms. Excel memiliki fitur kalkulasi dan perhitungan data angka. Di bawah ini adalah rumus-rumus fungsi yang sering digunakan di Ms. Excel:
- SUM
Digunakan untuk menjumlahkan / penjumlahan.
Bentuk “=Sum(cell1:cell2)” atau “=Sum(cell1;cell2)”
- AVERAGE
Digunakan untuk menghitung rata-rata suatu data.
Bentuk “=Average(number1;nuber2;. . .)” atau “=Average(cell1:cell2)”
- IF
Menentukan suatu tes logika untuk dikerjakan.
Bentuk “=If(tes logika; nilai jika benar; nilai jika salah)
Arti Rumus : “Apabila E30 lebih besar atau sama dengan 75 tulis Lulus, kalau bukan tulis gagal”
- SQRT
Menghasilkan akar kuadrat positif dari sebuah bilangan.
Bentuk “=Sqrt(bilangan)” atau “=Sqrt(cell)”
- Max
Menentukan nilai tertinggi suatu data.
Bentuk “=max(cell1:cell2)”
- Min
Menentukan nilai terkecil suatu data
Bentuk “=Min(cell1:cell2)”
- INT
Membulatkan suatu bilangan ke bilangan bulat terdekat.
Bentuk “=Int(Bilangan)” atau “=Int(cell)”
- Count
Menghitung banyak data
Bentuk “Count(cell1:cell2)
Mencopy Rumus
Secara umum ada 2 cara untuk mengcopy rumus, yaitu
Menggunakan Perintah Copy-Paste
- Menggunakan Fill Handle
Fill Handle adalah kotak kecil pada sudut kanan bawah pointer cell, yang apabila pointer mouse didekatkan dengan kotak fill handle akan membentuk tanda plus (+).
- Pertama-tama arahkan kursor mouse ke sudut kanan bawah sell aktif sampai kursor membentuk tanda PLUS (+)
- Klik dan tarik ke tempat kita ingin mengcopy rumus
Untuk lebih jelas lihat animasi di bawah ini, dengan menggunakan rumus IF diatas.
Menggunakan Rumus Dasar Excel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar